Penuaan Dini: Ketahui Ciri-Ciri, Penyebab, dan Pencegahannya

Penuaan Dini Ketahui Ciri-Ciri, Penyebab, dan Pencegahannya
Penuaan Dini Ketahui Ciri-Ciri, Penyebab, dan Pencegahannya

Cara mengatasi penuaan dini

Cara mengatasi penuaan dini yang muncul di awal, Anda cukup menggunakan produk skin care atau skincare yang mengandung retinoid, vitamin C, dan alpha hydroxy acids/AHA.

Namun, untuk mengatasi penuaan dini akibat paparan sinar matahari sedang atau berat, Anda bisa melakukan prosedur perawatan kulit, seperti chemical peeling, dermabrasi, atau laser resurfacing.

Sedangkan cara mengatasi penuaan dini berupa garis halus pada wajah dapat diatasi dengan menyuntikkan toksin botulinum (botox) atau filler yang mengandung asam hialuronat, lemak sendiri, dan implan Gore-Tex.

Beberapa orang mungkin ingin menjalani prosedur kosmetik, seperti pengencangan wajah, pengencangan alis, atau operasi kelopak mata kosmetik.

Jika Anda ingin melakukan prosedur medis atau kosmetik tertentu sebagai cara menghilangkan penuaan dini pada wajah, pastikan untuk berkonsultasi dengan ahlinya terlebih dahulu.

Dokter Anda mungkin dapat memberikan rekomendasi jenis tindakan yang sesuai dengan kondisi dan masalah kulit Anda. Dengan demikian, tampilan kulit lebih muda bisa maksimal.

Cara mencegah penuaan dini yang mudah dilakukan
Ada beberapa cara mencegah penuaan dini yang bisa Anda lakukan agar terlihat lebih muda, seperti:

1. Minum air

Kurangnya asupan cairan tubuh dapat menyebabkan dehidrasi.

Saat mengalami dehidrasi, kulit akan terasa kering, kasar, bahkan bersisik saat digaruk. Alhasil, tanda-tanda penuaan dini bisa lebih jelas terlihat.

Mengonsumsi air putih yang cukup bisa menjadi langkah tepat sebagai cara mencegah penuaan dini.

Secara umum, para ahli kesehatan menganjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari agar Anda terhindar dari dehidrasi sekaligus sebagai cara alami mencegah penuaan dini.

2. Berolahraga secara teratur

Melakukan olahraga teratur juga bisa menjadi cara untuk mencegah penuaan dini. Tidak percaya?

Ya, berolahraga dapat memperlancar peredaran darah dan memperkuat sistem imun tubuh. Sehingga, penampilan kulit bisa terlihat lebih awet muda.

3. Gunakan sabun pembersih wajah yang lembut

Membersihkan wajah dengan sabun lembut sebagai cara mencegah penuaan dini
Membersihkan wajah dengan sabun lembut sebagai cara mencegah penuaan dini. Gunakan pembersih wajah dengan bahan pelembab.

Salah satu cara mencegah penuaan dini pada wajah adalah dengan mencuci muka menggunakan pembersih wajah yang lembut.

Sebagai gantinya, gunakan sabun cuci muka yang mengandung asam lemak esensial untuk menjaga kelembapan kulit. Sabun pembersih wajah yang mengandung teh hijau bermanfaat untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

Pastikan Anda menyeka wajah menggunakan gerakan melingkar yang lambat. American Academy of Dermatology menganjurkan untuk tidak menggosok wajah terlalu keras karena dapat berisiko mempercepat penuaan kulit wajah.

4. Oleskan tabir surya dengan SPF tinggi

Cara paling penting untuk mencegah penuaan dini adalah dengan melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari berlebih, terutama saat Anda berada di luar ruangan.

Anda perlu menggunakan tabir surya berspektrum luas atau tabir surya dengan SPF 30 pada area wajah dan kulit Anda yang tidak tertutup pakaian.

Hindari memilih tabir surya yang mengandung alkohol karena dapat mengeringkan kulit. Untuk melindungi kolagen di kulit Anda, cari tabir surya yang mengandung antioksidan di dalamnya.

Oleskan tabir surya ke kulit Anda setiap pagi dan sore, dan ulangi setiap 2 jam atau lebih jika Anda berkeringat atau berenang.

Selain itu, Anda juga perlu melindungi kulit Anda dengan memakai baju lengan panjang yang melindungi kulit tubuh Anda, memakai topi atau payung (bila perlu), dan mencari perlindungan saat beraktivitas di luar ruangan.

5. Makan makanan yang sehat dan bergizi

Cara mencegah penuaan dini secara alami dari dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah.

Kedua jenis makanan anti penuaan ini dapat mencegah kerusakan kulit dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mencegah penuaan dini pada wajah, seperti ikan berlemak, dark chocolate, kaldu tulang, dan oat.

6. Hindari minum alkohol

Alkohol dapat berdampak buruk bagi kulit karena dapat menyebabkan dehidrasi dan kerusakan pada kulit.

Seiring waktu, konsumsi alkohol berlebihan bisa membuat Anda terlihat lebih tua.

Oleh karena itu, Anda perlu menghindari konsumsi alkohol sebagai cara mencegah penuaan dini secara alami.

7. Berhenti menggunakan produk perawatan kulit yang membuat Anda sakit

Jika Anda mengalami kulit perih atau perih akibat penggunaan produk perawatan kulit tertentu, segera hentikan pemakaiannya agar tanda-tanda penuaan dini tidak muncul. Langkah ini juga bisa menjadi cara mengatasi penuaan dini.

8. Minum suplemen

Cara mencegah penuaan kulit wajah juga perlu didukung dengan asupan yang masuk ke dalam tubuh.

Bila perlu, Anda dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung lemak omega-3 untuk membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah keriput.

Selain itu, suplemen ini juga bermanfaat untuk menjaga kekenyalan kulit, mengisi kembali lipid (minyak kulit) yang berkurang seiring bertambahnya usia, serta memberikan efek antiradang.

Meski begitu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen tertentu untuk mencegah efek buruk yang mungkin ditimbulkan.

9. Gunakan produk perawatan kulit retinoid

Gunakan krim retinoid sebagai cara untuk mencegah penuaan dini
Gunakan krim retinoid sebagai cara untuk mencegah penuaan dini. Menggunakan retinoid dapat membuat kulit Anda lebih kencang.

Seiring bertambahnya usia, kulit akan mulai kehilangan elastisitasnya sehingga terlihat kendur. Oleh karena itu, cara mencegah penuaan dini pada wajah bisa dengan mengoleskan produk perawatan kulit atau krim obat yang mengandung turunan vitamin A, seperti retinoid.

Namun, Anda tidak disarankan menggunakan retinoid bersamaan dengan obat jerawat benzoil peroksida.

Pasalnya, benzoil peroksida dapat mengoksidasi retinoid sehingga efektivitas cara kerjanya bisa berkurang.

Bagi Anda yang sedang hamil atau berencana untuk hamil, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan retinoid sebagai perawatan kulit sehari-hari.

10. Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan dan peptida

Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan dan peptida
Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan dan peptida

Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan dan peptida, seperti vitamin A, C, dan E, teh hijau, dan ekstrak biji anggur sebagai cara mencegah penuaan dini pada wajah di kemudian hari.

Sebaiknya aplikasikan produk ini di pagi hari sebelum menggunakan pelembab dan tabir surya untuk melindungi kulit dari kerusakan.

11. Eksfoliasi secara teratur

Setiap 28 hari, kulit melepaskan sel-sel mati. Namun, proses ini akan melambat seiring bertambahnya usia sehingga membuat kulit terlihat kusam dan terlihat lebih tua.

Untuk mengangkat sel-sel mati yang menumpuk dan membuat kulit lebih cerah, lakukan eksfoliasi secara rutin seminggu sekali. Perhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam lulur untuk menghindari iritasi kulit.

12. Hindari ekspresi wajah yang berulang

Cara mencegah penuaan dini secara alami adalah dengan menghindari ekspresi wajah yang berulang-ulang
Hindari ekspresi wajah yang berulang-ulang agar tanda penuaan tidak muncul.

Anda dapat menghindari ekspresi wajah terlalu sering untuk menghindari kontraksi wajah yang menyebabkan penuaan pada kulit.

Sebagai solusinya, Anda bisa memakai kacamata hitam untuk membantu mengurangi garis halus akibat menyipitkan mata.

13. Lakukan perawatan kulit ke dokter

Lakukan perawatan kulit ke dokter
Lakukan perawatan kulit ke dokter secara berkala, hal ini dapat mencegah penuaan dini pada kulit wajah dan tubuh.

Cara mencegah penuaan dini pada wajah mungkin memerlukan berbagai prosedur perawatan kulit.

Misalnya mikrodermabrasi, facial peel, atau perawatan laser untuk membuat wajah tampak lebih cerah dan tampak kenyal serta awet muda.

Dengan memahami berbagai ciri, penyebab, cara menghilangkan dan mencegah penuaan kulit di atas, tentunya Anda bisa menjaga kesehatan dan keremajaan kulit Anda.

Dapatkan Berita dan Informasi Kesehatan Terbaru dengan mengikuti kami di Google News