Mudah! Begini Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah
Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Dokteria.com - Bibir kering dan pecah-pecah amat rentan terjadi dan dapat mengganggu penampilan. Bahkan, seandainya dibiarkan berlarut-larut, dapat mengganggu kesehatan. Kulit bibir mungkin saja nampak lebih gelap, mengelupas dan berdarah, terutamanya seandainya Anda tidak merawatnya dengan bagus.

Bibir yang sehat dan lembap tentu akan terasa lebih nyaman dan lebih menarik untuk diperhatikan, melainkan ada banyak elemen yang dapat menyebabkan gangguan pada bibir yang kering atau nampak pecah-pecah. Beberapa di antaranya adalah sebab situasi lingkungan seperti cuaca atau temperatur ruangan, situasi tubuh yang sedang mengalami penyakit tertentu, atau adat istiadat buruk.

Kondisi bibir kering atau bibir pecah-pecah, menandakan bibir sedang kurang lembap. Khusus, bibir tidak memiliki kelenjar minyak seperti kulit pada tubuh komponen lainnya, sehingga bibir tidak dapat melumasi diri sendiri. Anda malahan wajib lebih memerhatikan perawatan komponen ini supaya konsisten sehat.

Untuk mencegah serta mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, ada cara tersendiri untuk menjaga kesehatan bibir yang berbeda dengan perawatan kulit di komponen tubuh lainnya:

  • Gunakan petroleum jelly, bahan yang dapat dioleskan pada permukaan kulit ini, berkhasiat melindungi kadar cairan pada permukaan kulit. Dengan demikian, kulit akan terjaga kelembapannya sekaligus membantu pelaksanaan penyembuhan seandainya terjadi luka pada kulit tersebut. Caranya cukup gampang, adalah oleskan petroleum jelly pada bibir secara teratur.
  • Gunakan pelembap bibir yang mengandung tabir surya tiap-tiap berkesibukan di luar ruangan untuk mencegah efek paparan ultraviolet yang dapat membuat kulit termasuk bibir menjadi kering dan gampang mengelupas.
  • Kalau bibir Anda termasuk sensitif, hindari terpapar alergen yang dapat memicu kambuhnya alergi. Salah satu contoh alergen adalah produk kosmetika yang mengandung wangi-wangian atau bahan kimia tertentu.
  • Bagi Anda pengguna lipstick, hindari terlalu acap kali menggonta-ganti lipstick, terutamanya yang bersifat matte, sebab dapat membuat bibir Anda semakin kering. Bila perlu pakai pelembap tiap-tiap sebelum dan setelah menggunakan lipstick. Anda juga dapat menggunakan petroleum jelly untuk menghapus lipstick, sekaligus melembapkannya.
  • Apabila bibir nampak mengelupas, hindari menarik-narik kulit yang mengelupas. Karena, dapat membuatnya berdarah. Solusinya, pakai scrub bibir untuk mengangkat sel kulit mati. Bubuhkan di bibir menggunakan jari, lalu gosok dengan lembut, dan pakai pelembap bibir sesudahnya. Anda malahan dapat membuatnya sendiri dengan madu atau petroleum jelly yang dicampurkan dengan sedikit gula pasir.

Selain itu, untuk mendorong perawatan yang Anda lakukan dengan cara dan bahan diatas, Anda juga sebaiknya memerhatikan beberapa hal berikut:

  • Pastikan tubuh konsisten terhidrasi supaya bibir dan kulit konsisten lembap. Caranya, dengan minum cukup air minimal 8-10 gelas perhari, lengkapi dengan konsumsi buah dan sayuran yang mengandung tinggi serat dan cairan.
  • Hindari menjilat bibir dengan tujuan untuk melembapkan, justru bibir yang basah oleh air air liur akan membuat penguapan semakin cepat. Kesudahannya, bibir akan mengalami kekeringan.
  • Hindari terlalu lama berada dalam ruangan ber-AC, sebab cenderung mewujudkan suasana yang lebih kering, sehingga memudahkan bibir menjadi kering.
  • Anda punya kebiasaan bernapas melewati mulut? Bernapaslah melewati hidung. Karena, bernapas melewati mulut akan membuat bibir menjadi gampang kering. Bila ini juga berarti sebaiknya Anda stop mengisap rokok.
  • Bila berkesibukan di udara dingin atau berangin, lindungi bibir dengan cara menutupnya menggunakan masker, kain atau syal.

Namun bahan pelembap bibir seperti petroleum jelly dapat dimanfaatkan sebagai perawatan kulit sehari-hari supaya konsisten sehat. Bila, iringi dengan pola makan sehat dan hindari adat istiadat buruk, untuk mendorong hal tersebut.

Apabila Anda mengalami situasi gangguan pada bibir yang cukup serius, dan tidak kunjung membaik, maka ada pantasnya seandainya Anda memeriksakan diri pada dokter, sebab mungkin ada penyebab lain yang mendasarinya dan membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Seperti yang kita kenal, merawat dan mencegah jauh lebih bagus ketimbang mengobati, jadi ada pantasnya untuk lebih memerhatikan dan tidak melalaikan kesehatan bibir.


Informasi yang Dokteria berikan tidak boleh dianggap sebagai saran medis yang memenuhi kebutuhan individu dan tidak boleh digunakan untuk menggantikan pendapat dokter atau profesional kesehatan lainnya.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan atau kekhawatiran.

Sekian pembahasan dari Dokteria pada kesempatan kali ini. Semoga informasi yang diberikan tersebut bisa memenuhi informasi yang sedang Anda cari dan Jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar bermanfaat untuk semuanya ya kaa..

Hidup Sehat dan Ceria Bersama Dokteria…

Dapatkan Berita dan Informasi Kesehatan Terbaru dengan mengikuti kami di Google News