Cara Berhenti Merokok Secara Cepat dan Alami Meski Sudah Kecanduan

Berhenti Merokok
Berhenti Merokok

Daftar Isi

Dokteria.com - Cara Berhenti Merokok Secara Cepat dan Alami Meski Sudah Kecanduan – Mengkonsumsi rokok dapat merugikan kesehatan seseorang, baik itu sendiri maupun perokok pasif.

Rokok atau sigaret adalah silinder kertas berukuran panjang antara 70 dan 120 mm (bervariasi di setiap negara) dengan diameter sekitar 10 mm berisi daun tembakau kering cincang. Rokok dibakar di salah satu ujungnya dan dibiarkan membara sehingga asapnya bisa dihirup melalui mulut di ujung yang lain.

merokok merupakan penyebab utama penyakit tidak menular seperti penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi, kanker, penyakit paru kronis, gangguan janin, gangguan pernapasan (PPOK dan asma), impotensi, dan kesuburan.

Akibatnya bukan hanya biaya pengobatan yang mahal, tetapi juga waktu produktif sebagai produktivitas masyarakat.

Perlu diketahui, dalam sebatang rokok itu mengandung 4 ribu jenis senyawa kimia, seperti nikotin yang menyebabkan kecanduan.

Dari 4.000 tersebut, terdapat 400 jenis zat beracun, antara lain racun serangga, racun tikus, kapur barus, pembersih lantai, gas beracun, dan pengawet mayat, serta 43 zat berbahaya penyebab kanker seperti tar atau aspal.

Data WHO tahun 2011, kematian akibat merokok di seluruh dunia lebih dari 5 juta per tahun. (setiap 6 detik ada 1 kematian karena merokok). Untuk setiap 10 kematian, 2 di antaranya karena merokok. Secara umum, perokok 10 tahun lebih muda dari bukan perokok.

Selain itu, data terbaru dari siaran pers yang diterbitkan oleh who.int pada Selasa (10/1/2017), secara global terdapat 1,1 miliar perokok berusia 15 tahun ke atas, dengan sekitar 80% tinggal di negara berpenghasilan rendah dan menengah. dan sekitar 226 juta perokok hidup dalam kemiskinan.

Jika pengeluaran dialihkan untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga, maka kualitas gizi dan sumber daya manusia keluarga miskin akan meningkat dan pada akhirnya akan berperan dalam upaya pengentasan kemiskinan.

Cara Berhenti Merokok Meski Sudah Kecanduan
Cara Berhenti Merokok Meski Sudah Kecanduan

Cara Berhenti Merokok Meski Sudah Kecanduan

Bagi perokok, khususnya yang perokok berat, berhenti merokok itu bukanlah hal yang mudah. Namun, ada beberapa Cara Berhenti Merokok Secara Alami dan Permanen yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.

Dengan begitu, tubuh bisa kembali sehat dan munculnya berbagai penyakit akan berkurang.

Berhenti merokok bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, upaya berhenti merokok dapat dilakukan jika Anda memiliki tekad dan keinginan yang kuat untuk memiliki tubuh yang lebih sehat.

Dalam menerapkan cara berhenti merokok yang efektif, Anda juga membutuhkan bantuan dan dukungan dari orang-orang terdekat Anda untuk dapat menghentikan kebiasaan tidak sehat ini.

Jika tidak sekarang, kapan Anda akan berhenti merokok, lakukan dengan cara dan langkah serta tips berikut ini.

Jika Anda seorang perokok aktif dan berniat menghentikan kebiasaan buruk ini, ada beberapa cara cepat berhenti merokok secara alami meski sudah kecanduan, di antaranya:

1. Kelola stres

Cara Cepat Berhenti Merokok yang pertama adalah Mengelola tingkat stress pada diri.

Cara Cepat Berhenti Merokok - Mengelola tingkat stress
Cara Cepat Berhenti Merokok – Mengelola tingkat stress

Stres bisa menjadi salah satu alasan seseorang memilih untuk merokok, karena kandungan nikotin di dalamnya dapat memberikan efek relaksasi dengan cepat.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa merokok justru dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap stres.

Untuk menghilangkan stres, ubah kebiasaan merokok secara perlahan dengan melakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan, seperti mendengarkan musik, melakukan terapi pijat, atau meditasi.

Selain itu, sebisa mungkin hindari situasi yang bisa membuat stres.

2. Hindari hal yang memicu kebiasaan merokok

Saat mencoba berhenti merokok, usahakan untuk menghindari faktor atau kebiasaan yang bisa membuat Anda kembali merokok, seperti minum kopi dan minum alkohol dengan sesama perokok.

Jika Anda terbiasa merokok setelah makan, Anda bisa mencari cara lain untuk menggantinya, misalnya dengan mengunyah permen karet atau menyikat gigi.

Dapatkan Berita dan Informasi Kesehatan Terbaru dengan mengikuti kami di Google News